GALLERY INFORMASI

Contoh Tulisan Berjalan

Minggu, 26 Februari 2012

pengertian slogan dan poster

1. Slogan
Slogan adalah perkataan atau kalimat yang menarik, mencolok, dan mudah diingat untuk menyampaikan sesuatu. Dalam iklan, slogan adalah pernyataan atau susunan kata tertentu yang menjelaskan singkat suatu produk atau jasa layanan yang diulang-ulang sehingga mudah diingan publik.
Slogan sangat penting untuk dunia periklanan. Dengan slogan, iklan tersebut akan mudah diingat publik dan akan lebih dikenal.
Selain iklan, slogan juga dapat digunakan pada saat kampanye, contohnya kampanye anti narkoba, anti korupsi dan kampanye pemilihan kepala daerah.
Kalimat-kalimat slogan haruslah kreatif dan juga tidak ketinggalan zaman. Maka dengan itu, masyarakat publik akan semakin mudah mengingat dan juga slogan tersebut akan dikenal.
Penggunaan slogan yang berhasil terlihat dari seberapa jauh masyarakat mengenal slogan tersebut. Bila slogan itu berhasil, maka hanya dengan mendengar slogannya, orang-orang akan mengetahui apa jenis produk yang memakai slogan tersebut.

MEMBUAT SLOGAN
            Untuk membuat slogan, maka anda haruslah mengerti fungsi slogan terlebih dahulu. Slogan dapat berfungsi untuk pendidikan masyarakat, memacu semangat, cita-cita, iklan komersial, atau propaganda politik.
            Kedua, adalah anda harus mengetahui pasti siapa yang menjadi tujuan utama slogan. Apakah remaja, anak-anak, atau orang dewasa.
            Setelah itu anda dapat membuat slogan yang berkriteria sebagai berikut:
  • Merupakan hal baru, tidak biasa, dan unik.
  • Juga dapat menggunakan permainan bunyi dalam kata atau rima.

2. Poster
            Poster merupakan iklan atau pengumuman yang diproduksi secara massal. Biasanya ditulis atau dicetak di atas kertas berukuran besar, dihiasi gambar dan berwarna-warni dan ditempel di tempat umum.
            Umumnya poster memiliki tujuan komersial—untuk mengiklankan suatu barang atau pengumuman suatu event. Namun kadang-kadang berguna sebagai pengumuman yang mendidik masyarakat, alat propaganda, atau murni sebagai hasil karya seni.
            Poster dan slogan saling berkaitan. Slogan digunakan sebagai kalimat dalam poster dan poster biasanya digunakan untuk mempublikasikan slogan.

MEMBUAT POSTER
  • Tentukan konsep pokok yang akan dipublikasikan.
  • Pahami kembali intisari yang tertulis di dalam poster.
  • Tentukan ukuran poster.
  • Tentukan unsur-unsur yang akan digunakan untuk mengisi poster.
Poster memiliki kriteria sebagai berikut:
  • Judul harus terlihat dari jarak 7-10 meter.
  • Gunakan sedikit variasi huruf, gunakan huruf-huruf yang mudah terbaca.
  • Untuk memberi penekanan pada huruf, gunakan BOLDUNDERLINE, atau beri warna. Jangan gunakan huruf miring karena sulit dibaca.
  • Teks kecil dapat dibaca dari jarak kurang lebih 3 meter.
  • Perbandingan yang disarankan: teks 20% dari poster, grafis 40% dari poster, sisanya kosong.
  • Warna dasar yang samar-samar, tetapi isi poster berwarna terang.
Reaksi:

0 komentar:

Poskan Komentar